Skip to main content

Info Karimun Jawa

Senin 5 Juli 2010, dengan bermodalkan budget sotoy tapi asoi kami berangkat dengan kereta api ekonomi jurusan Solo. Kereta berangkat dari Padalarang (kalau mau dapet tempat duduk di kereta ini, lebih baik naik di Padalarang) sekitar jam 19.00 dan tiba di Solo, keesokan paginya sekitar pukul 08.00. Perkiraan budget awal kami untuk berangkat ke karimun jawa dan kembali lagi ke Bandung adalah 300rb. Dengan rencana kami akan kemping disana, sehingga tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk penginapan. Namun, karena ternyata di pelabuhan kartini, Jepara (kami tiba malam hari, ferry berangkat esok harinya jam 09.00) digosipkan tidak boleh menggelar tenda, dan akan ada patroli setiap jam 12 malam, maka kami pun harus menginap di penginapan keluarga seharga 80rb semalam (pake AC). Sedangkan di Karimun Jawanya, ternyata kami pun batal kemping, dikarenakan banyak ular besar di daerah perkempingan. Kalau mau kemping di pulau-pulau pun, biaya terbilang cukup mahal, karena harus sewa kapal untuk mengantar dan menjemput ke pulau, yang konon harganya 250rb pulang pergi, ditambah lagi uang "rokok" untuk penjaga pulau. Akhirnya kami memutuskan untuk tetap tinggal di Homestay.

Warung makan yang paling banyak didatangi disana adalah warung makan bu ester. Tapi jangan membayangkan akan ada banyak makanan laut di warung itu. Makanan yang dijual disana sama seperti warteg-warteg biasa, ayam goreng, telur, kangkung, paling ada satu jenis ikan laut. Tapi kalau mau berjalan-jalan mengelilingi perumahan penduduk di Karimun Jawa itu, kita bisa menemukan warung makan lainnya, yang menjual Tahu Campur, Es Campur, Mie ayam, dan lain-lain.

Perjalanan dari Senin 5 Juli 2010 hingga Senin 12 Juli 2010, Semalam di Jepara, 5 hari 4 malam di Karimun Jawa, saya menghabiskan sekitar 529.500 rupiah. Berikut adalah rinciannya :

1 :
- Snorkel gear : 30rb (snorkel gear buat anak-anak, beli di Riau Junction)
- Kereta Ekonomi : 30rb (sampai Solo)
- Makan bekel kereta : 7500 (nasi + ayam)
- Aqua bersama : 2000 (harga 8000, dibagi 4)
- Bus Demak - Jepara : 10rb (katanya sih sebenernya bus dari Semarang ke Jepara 8000, jadi harusnya dari Demak lebih murah, karena Bus yang semacam bus KPAD ini berangkatnya dari Semarang, melewati Demak, menuju Jepara)
- Becak : 12.500 (2 becak 50.000, dari alun-alun, ke terminal, sampai pelabuhan. Harusnya mungkin bisa ditawar lagi, tapi si mang nya ngotot tadinya minta 30rb per becak)
- Penginepan Jepara : 20.000 ( 1 kamar 80rb - AC. dan yang non-AC 60rb. Tapi kebetulan malam itu yang non-AC nya penuh)

2 :
- Bus pulang ke Bandung : 80rb (Jepara - Bandung)
- Ferry ke karimun : 30.500
- Baso di Alun-alun : 2500 ( 2 x 5000 = 10rb dibagi 4)

3 :
- Sewa kapal wisata pulau : 350.000 (1 kapal)
- Snorkel + Lifevest (35rb x 4)
** 490rb dibagi 4 = 122.500/orang
- Makan siang dari bu ester : 6500 (nasi + kangkung + telur bulat)
- Masuk Pulau : 5000 (20rb dibagi 4)
4 :
- Makan siang : 16.500 * (Bu ester)
- Makan Sore : 15.000** (warung tahu campur)
* nasi + ayam = 8rb
telur dadar = 2500
es teh manis = 3 x 1000 = 3000
es jeruk = 2500
** tahu campur = 6000/porsi
es campur = 3000/porsi

5 :
- Penginepan: 70rb (1 malem 70rb dikali 4malem dibagi 4 orang)
- Makan malem di Homestay : 40rb (10rb sekali makan dikali 4 malem. Makan 10rb disini sama kaya makan 15rb di bandung. Ada 2 macam lauk, dan enak sekali masakan bu Marma -- Ibu yg punya homestay nya)
- Ferry pulang : 30.500

Total : 534.500

Asoi sekali bukan? Kalau mau asoi, mendingan coba ke Karimun Jawa sendiri, ga usah pake paket. Pasti lebih asooiiii..

Kalo mau ke Karimun Jawa, hubungin aja Pak Rusdi 081390725197 (tour guide lokal)

Anonymous said…
Kalau boleh tahu, penginapan keluarga yg pakai AC dimana ya, ada yg bisa dihubungi, dan ada berapa kamar. mohon bantuannya.

terima kasih.
sigid kusworo
Yogya
08127595924
sikuswo@telkom.net

Popular posts from this blog

Kamar Baru Ku

Hore! akhirnya kamar saya kembali tersusun sebagai mana mestinya. Ada sedikit perubahan (lagi) di kamar ini. Perubahan letak kasur, meja belajar, meja tv. Haha. Hmmm, jadi kira-kira ini kali ketiga saya merubah letak-letak semua barang. Semoga kerapian kamar ini berlangsung lama. Yeah!

Lucciano Pizzichini

Seorang teman saya memasukkan sebuah link yang berisi vidio seorang anak kecil yang jago bermain gitar di umur 8 tahun. Kemudian saat menunggu vidio tersebut bisa diputar tanpa terhambat sedikitpun, saya pun melihat-lihat vidio lainnya. Kemudian saya pun meng-klik sebuah vidio dengan anak sangat lucu didalamnya . Namanya Lucciano Pizzichini , saat itu dia berumur tujuh tahun dan kalian lihat saja lah vidionya. Ahh, sangat menggemaskan sekali anak ini. Yang membuat saya tertarik adalah anak ini bisa sangat ceria di bawah panggung, dan bisa sangat tenang di atas panggung. Saya yakin dia akan menjadi musisi besar suatu hari nanti, dan saya ingin bertemu dengan dia. haha. Dan lihat! Nuansa anak-anaknya sangat tergambar pada dua gitarnya yang ditempeli sticker spongebob!

......

Mendadak tidak mau mempercayai orang lain. Bagaimana bisa percaya? Bahkan mereka tidak menghargai apa yang telah saya buat? Hanya bisa mencaci maki saja..