Skip to main content

Ji-I-En-Di-Yu-Ti

"eh, gendut! gendut! yang gendut ga boleh berenang! hahahaha.."


Hari itu hari Senin.
Saya beserta salah satu teman saya sedang menaiki tangga menuju kolam renang disalah satu pusat olahraga di tengah kota saat kemudian beberapa bocah perempuan mengeluarkan kalimat-kalimat diatas sewaktu melihat saya.

Seketika saya pun teringat dengan kenangan masa kecil saya.
Saya pernah punya teman, sebenarnya bukan teman saya, hanya orang-orang yang saya kenal namun kami sama sekali tidak pernah bermain layaknya teman.
Mereka terdiri dari, kalau saya tidak salah, kakak laki-laki dan adik perempuan. Beserta teman-temannya yang lain.
Entah mengapa, saya tidak begitu ingat, mereka cukup sering mengolok-olok fisik saya.
Ya, saya adalah anak perempuan yang dari kecil memiliki postur tubuh yang tidak ideal (baca:gendut).
Suatu hari, ketika sedang menunggu bis jemputan ke tempat ngaji, sang adik berkata "ihh, nana kayaa giniii, kalau abang sih kaya giniii... hahahhaa" Sambil menunjukkan bahasa tubuhnya dengan menggembungkan mulut dan melebarkan tubuhnya saat membicarakan saya dan kemudian mengempiskan mulut dan menyusutkan tubuhnya saat berbicara mengenai kakaknya. Saat itu, sepertinya saya sangat kesal saat mendengar ejekan bocah tersebut. Bagaimana tidak? Kakak laki-laki yang dia umpakan sebagai seorang bocah yang kurus kerontang sebenarnya adalah bocah laki-laki yang juga mempunyai postur tubuh tidak ideal. Bahkan, bocah itu lebih pendek dari saya sehingga posturnya pun jauh lebih bulat dari saya.

Celetukan bocah-bocah di kolam renang tersebut membuat saya kembali berpikir dan ya sedikit membuat saya sensitif kalau membicarakan tentang postur tubuh.
Sebegitu pentingkah penampilan fisik seseorang?
Pertanyaan tersebut yang terus menerus muncul saat saya mengingat kejadian ini.
Sebegitu hinakah orang-orang yang berbadan besar, tidak langsing tidak ramping?
Mungkin kata "hina" terkesan sangat kasar, mungkin bisa diganti dengan,
Sebegitu tidak sempurnakah orang-orang yang berbadan besar dibandingkan dengan orang-orang bertubuh langsing dan ramping?

Saya sangat tidak sependapat dengan orang-orang yang beranggapan demikian.
Bukan, bukan karena saya adalah salahsatu dari mereka.
Tapi, coba deh kalian pikir.
Apa sih hebatnya memiliki badan yang sempurna kalau hati atau jiwa atau pikiran kita tidak sesempurna badan kita?
Toh kecantikan di luar tersebut juga suatu saat akan hilang kalau kita sudah tua. Toh, kulit kencang, badan ramping, akan menjadi keriput dan tidak ramping juga kalau kita sudah menua nantinya. Apalagi kalau memang sudah waktunya, toh fisik kita yang sempurna itu juga akan kembali menjadi tanah, dan tidak ada artinya juga?

Tidak munafik, saya pun sempat terpengaruh pemikiran-pemikiran tersebut.
"Ya, orang gendut itu tidak oke"
Pernah, saya pernah beranggapan seperti itu.
Namun apabila dipikir-pikir lagi, lalu kenapaa kalau tidak oke?

Yaaa...
Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini...
Hanya Dia lah yang sempurna..
Belajar menerima apa yang ada..

Comments

Popular posts from this blog

Kamar Baru Ku

Hore! akhirnya kamar saya kembali tersusun sebagai mana mestinya. Ada sedikit perubahan (lagi) di kamar ini. Perubahan letak kasur, meja belajar, meja tv. Haha. Hmmm, jadi kira-kira ini kali ketiga saya merubah letak-letak semua barang. Semoga kerapian kamar ini berlangsung lama. Yeah!

Lucciano Pizzichini

Seorang teman saya memasukkan sebuah link yang berisi vidio seorang anak kecil yang jago bermain gitar di umur 8 tahun. Kemudian saat menunggu vidio tersebut bisa diputar tanpa terhambat sedikitpun, saya pun melihat-lihat vidio lainnya. Kemudian saya pun meng-klik sebuah vidio dengan anak sangat lucu didalamnya . Namanya Lucciano Pizzichini , saat itu dia berumur tujuh tahun dan kalian lihat saja lah vidionya. Ahh, sangat menggemaskan sekali anak ini. Yang membuat saya tertarik adalah anak ini bisa sangat ceria di bawah panggung, dan bisa sangat tenang di atas panggung. Saya yakin dia akan menjadi musisi besar suatu hari nanti, dan saya ingin bertemu dengan dia. haha. Dan lihat! Nuansa anak-anaknya sangat tergambar pada dua gitarnya yang ditempeli sticker spongebob!

......

Mendadak tidak mau mempercayai orang lain. Bagaimana bisa percaya? Bahkan mereka tidak menghargai apa yang telah saya buat? Hanya bisa mencaci maki saja..