Skip to main content

Larangan Penggunaan Alat Elektronik Dalam Pesawat


Bepergian dengan menggunakan pesawat, bukanlah sesuatu yang asing untuk saya. Bukan, bukan karena saya orang berduit (karena memang ayah saya yang berduit, hihi) atau alasan borjuis lainnya. Namun karena kebetulan, dari kecil saya memang harus pulang pergi Bandung - Pekanbaru dengan menggunakan alat transportasi yang disediakan oleh perusahaan tempat ayah saya bekerja saat itu.

Berhubung saya adalah termasuk beberapa dari orang-orang yang kaku terhadap peraturan, (dalam artian saya selalu berusaha untuk menaati peraturan yang ada), maka selama bertahun-tahun saya bepergian menggunakan burung besi raksasa ini, tak pernah sekalipun saya mencoba untuk berfoto-foto di dalam nya. Karena setahu saya, penggunaan alat elektronik sangatlah dilarang oleh pramugari-pramugari disana. 

Namun, kerap kali saya menemukan beberapa orang yang "berani" memotret didalam pesawat. Sehingga hal ini membuat saya penasaran, sebenarnya jenis barang elektronik apa saja sih yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk dipergunakan dalam pesawat? Kemudian, saya mencari dan mencari beberapa informasi. Sampai pada saatnya, saya mendapatkan info bahwa tidak apa-apa menggunakan Ipod (atau music player ) ataupun barang elektronik lainnya yang tidak memancarkan sinyal. Namun, suatu saat saya ingin mendengarkan lagu dengan Discman, ayah saya tidak memperkenankannya. Saya pun semakin penasaran, apa alasannya, karena toh info yang saya dapat, sebenarnya tidak apa-apa. 

Kemudian, beberapa waktu yang lalu, saya merencanakan untuk "nekat" mencoba memakai kamera atau Ipod Shuffle saya saat berada dalam pesawat. Namun tetap saja ada segenap kekhawatiran untuk merealisasikan rencana tersebut. Sehingga pada saat bertemu di dunia maya dengan seorang teman baik saya yang pintar, saya pun memastikannya dengan bertanya mengenai hal yang membuat penasaran ini. Berikut cuplikan pembicaraan kami.

Nana: Biyan, aku mau memastikan. Di pesawat, dengerin ipod mah gpp kan?
Biyan: Kalo lambang safty belt uda padam. Kalo nyala jgn. Yg pasti wifi ipod matiin. Lebih aman pake ipod shuffl ato flight mode.
Nana: aku pake ipod shuffle ko
Biyan: ya uda aman itu
Nana: Emang kalo lambang safety belt nya masih idup, knp ga bole?
Nana: Kamera pun gapapa kan sebenernya? Dulu aku tu ngiranya semua jenis barang elektronik ga dibolehin..
Biyan: Emang smua jenis elektronik, disarankan ga dipake kok
Biyan: Segala bentuk komunikasi itu melalui gelombang, kalo di pesawat.
Biyan: Nah kalo ada sesuatu pendisperse gelombang, komunikasi bisa ilang, lalu lintas udara tidak diketahui.
Biyan: Apa lagi kalo mau landing dan take off, tiba2 ada pesawat di runway yg sama. Gawat.
Biyan: cuma gara2 gelombang ke disperse karena ipod yg lupa dimatikan wifinya
Nana: Wooo.. ipod itu memancarkan gelombang kah?
Biyan: Banyak na yg memancarkan gelombang
Nana: Ipod shuffle? Kamera digital? Gelombangnya dari mananya
Biyan: Suara yg dihasilkan ke earphone itu bentuk data yg diubah ke gelombang dgn frequency tertentu
Biyan: Gambar yg di pancarkan kamera pada viewer nya yg digital, itu gelombang tertentu yg bisa dilihat mata
Biyan: Wifi, bluetut, signal, cukup jelas
Biyan: hahaaa ngeri yah
Nana: woooow
Biyan: skala sih emang kecil
Biyan: tapi coba nana bayangkan
Biyan: ada org kaya nana
Biyan: yg mikir ah kecil ini gangguannya
Biyan: tapi ternyata separo pesawat berpikir demikian
Biyan: hiiii
Biyan: itu curhatan seorang pilot dan co-pilot
Nana: woooow..  ternyata begituu
Biyan: menarik yah science itu

Baiklah mba pramugari, kalau begitu saya tidak akan mencoba untuk "nakal". Dan semoga orang-orang lain yang belum mengetahui informasi ini pun tersadar untuk tidak nakal lagi di dalam pesawat.


Semoga keselamatan mengawal kita semua. Selamat (sebentar lagi) menikmati liburan! :D






Comments

Anonymous said…
wuih pembicaraan tanpa dasar.
emang bener gtu?
silahkan di cek dgn lebih ilmiah lagi...

ini masi non-parametrik kalo dalam bahasa statistik, gl ;)
Anonymous said…
Beberapa maskapai penerbangan sudah menyiapkan layanan telepon dan internet di udara. Pastinya ini berhubungan dengan sinyal-sinyal gelombang-gelombang.

Oprah malah asyik ber-Skype ria dengan pramugari dan penumpang yang lagi terbang di atas Florida pada salah satu episode acaranya..

Popular posts from this blog

Kamar Baru Ku

Hore! akhirnya kamar saya kembali tersusun sebagai mana mestinya. Ada sedikit perubahan (lagi) di kamar ini. Perubahan letak kasur, meja belajar, meja tv. Haha. Hmmm, jadi kira-kira ini kali ketiga saya merubah letak-letak semua barang. Semoga kerapian kamar ini berlangsung lama. Yeah!

Lucciano Pizzichini

Seorang teman saya memasukkan sebuah link yang berisi vidio seorang anak kecil yang jago bermain gitar di umur 8 tahun. Kemudian saat menunggu vidio tersebut bisa diputar tanpa terhambat sedikitpun, saya pun melihat-lihat vidio lainnya. Kemudian saya pun meng-klik sebuah vidio dengan anak sangat lucu didalamnya . Namanya Lucciano Pizzichini , saat itu dia berumur tujuh tahun dan kalian lihat saja lah vidionya. Ahh, sangat menggemaskan sekali anak ini. Yang membuat saya tertarik adalah anak ini bisa sangat ceria di bawah panggung, dan bisa sangat tenang di atas panggung. Saya yakin dia akan menjadi musisi besar suatu hari nanti, dan saya ingin bertemu dengan dia. haha. Dan lihat! Nuansa anak-anaknya sangat tergambar pada dua gitarnya yang ditempeli sticker spongebob!

......

Mendadak tidak mau mempercayai orang lain. Bagaimana bisa percaya? Bahkan mereka tidak menghargai apa yang telah saya buat? Hanya bisa mencaci maki saja..